Sabtu, 05 Oktober 2024 WIB

Cegah Stunting Pada Anak, Pemprov Riau Minta OPD Kampanye Pentingnya Konsumsi Ikan

Administrator - Kamis, 26 September 2024 17:47 WIB
Cegah Stunting Pada Anak, Pemprov Riau Minta OPD Kampanye Pentingnya Konsumsi Ikan

Gerbangnegerinews.com, Pekanbaru/Riau -Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya dan bekerja keras dalam menurunkan angka stunting. Salah satu cara yang bisa dilakukan guna mencegah terjadinya stunting pada anak adalah memberikan mereka gizi cukup pada 1.000 hari pertama kehidupan yang disebut golden age.

Baca Juga:

Agar angka stunting itu terus menurun, Pemprov Riau meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait terus berkampanye dan mengedukasi masyarakat tentang gizi yang cukup. Gizi yang cukup ini bisa diperoleh dengan konsumsi ikan yang rutin.

Dengan alasan tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau pada hari Kamis (26/9/2024) menggelar lomba masak serba ikan di Halaman Kantor Dinas. Harapannya, dengan lomba tersebut nantinya Dinas terkait bisa menciptakan inovasi olahan ikan yang digemari masyarakat, terutama balita.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Yurnalis saat mewakili sambutan dari Pj Gubernur Riau. Yurnalis mengajak sekaligus menjelaskan betapa pentingnya mengonsumsi ikan.

"Kegiatan ini menjadi salah satu upaya tumbuh kembang anak, kepedulian agar mereka gemar makan ikan sejak dini. Gemar makan ikan adalah salah satu upaya untuk cegah stunting," jelas Yurnalis.

"Ikan mengandung protein penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh," tambahnya.

Yurnalis katakan, kampanye kepada masyarakat tentang pentingnya makan ikan ini adalah tugas bersama. Dimana nantinya saat gizi yang cukup telah didapat, maka akan lahirlah manusia yang cerdas, sehat, serta produktif.

"Perlu upaya untuk tingkatkan konsumi masyarakat, untuk itu dilaksanakanlah lomba ini. Lomba ini juga salah satu kegiatan program nasional dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk kampanyekan pentingnya makan ikan sejak dini, bantu Pemerintah cegah stunting," sebut Yurnalis.

Editor: Sigalingging
(Mediacenter Riau/mrs)

SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru