Kamis, 04 Juli 2024 WIB

Menjadi Inspektur Upacara, Presiden RI Joko Widodo Tegaskan Bahwa Pancasila Pemandu Arah Bangsa

Administrator - Sabtu, 01 Juni 2024 16:29 WIB
Menjadi Inspektur Upacara, Presiden RI Joko Widodo Tegaskan Bahwa Pancasila Pemandu Arah Bangsa

Gerbangnegerinews.com, Dumai/Riau -Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024 dengan mengenakan pakaian adat Melayu Kesultanan Riau berwarna hitam yang dipadu dengan warna emas dan lengkap dengan tanjak, yang di gelar di Lapangan Garuda PHR Kota Dumai, Riau.

Baca Juga:

Hadir pada pelaksanaan upacara tersebut Para Pejabat Tinggi Negara dan Pejabat Tinggi Daerah antara lain, Menko polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Ke sehatan Budi Karya Sumadi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Wali Kota Dumai H Paisal, serta Kepala Daerah se Provinsi Riau.

Turut Hadir pula Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Selain itu, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah dan Direktur Utama Pertama Nicke Widyawati juga tampak hadir.

Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 ini mengangkat tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045",


Presiden Jokowi dalam Pidatonya mengatakan pemerintah harus menjamin kekayaan Negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat.

Beliau menegaskan bahwa Pancasila memandu arah bangsa, serta modal sosial, budaya, sumber daya manusia, dan sumber daya alam yang melimpah menjadi kekuatan Indonesia dalam menghadapi realita global saat ini.

"Kita harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis Bangsa, kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Jokowi juga mengatakan, salah satu aset strategis Bangsa yang diambil alih Pemerintah Indonesia yakni Blok Rokan yang merupakan blok migas paling produktif di Indonesia yang sebelumnya dikelola oleh perusahaan asing.


Kita harapkan kehadiran Pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing. Tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Dirut Pertamina bahwa produksi di Blok Rokan sudah mencapai 162 ribu barel per hari. Ini lebih tinggi dari saat dikelola oleh Caltex maupun Chevron, dan merupakan 25 persen dari seluruh produksi Nasional Indonesia," jelas Jokowi.

Lanjut, Jokowi dalam harapannya mengatakan, Blok Rokan merupakan blok migas terbesar di Indonesia, dan menjadi contoh dalam mewujudkan kemandirian ekonomi.

"Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi untuk mengamalkan Pancasila di kehidupan nyata, membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan Nasional, berdiri di atas kekuatan kita sendiri," tegasnya.

Selesai melaksanakan upacara, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk menyapa masyarakat yang datang ke lokasi. serta sedikit mendengarkan harapan-harapan masyarakat.

acara berlangsung aman, lancar dan penuh khidmat

Sigalingging

SHARE:
Tags
Berita Terkait
Kakanwil Kemenkumham Riau Budi  Argap Situngkir Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang Dipimpin Presiden RI Joko Widodo

Kakanwil Kemenkumham Riau Budi Argap Situngkir Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang Dipimpin Presiden RI Joko Widodo

Presiden RI Joko Widodo Kunjungan Kerja ke Beberapa Wilayah di Provinsi Riau

Presiden RI Joko Widodo Kunjungan Kerja ke Beberapa Wilayah di Provinsi Riau

Camat Sungai Apit, Tengku Mukh Tasar, Pimpin Langsung Apel Memperingati Lahirnya Pancasila

Camat Sungai Apit, Tengku Mukh Tasar, Pimpin Langsung Apel Memperingati Lahirnya Pancasila

Peringati Hari Lahir Pancasila 2024, Pj Gubernur Sultra Ajak Implementasikan Nilai-Nilai Pancasila

Peringati Hari Lahir Pancasila 2024, Pj Gubernur Sultra Ajak Implementasikan Nilai-Nilai Pancasila

Komentar
Berita Terbaru