Sabtu, 06 Juli 2024 WIB

Raih Minat Pendengar, Ikhwan Ridwan: Konvergensi Diperlukan Untuk Menjaga Eksistensi Radio itu Sendiri

Administrator - Rabu, 29 Mei 2024 22:40 WIB
Raih Minat Pendengar, Ikhwan Ridwan: Konvergensi Diperlukan Untuk Menjaga Eksistensi Radio itu Sendiri
Gerbangnegerinews.com, Pekanbaru/Riau -Memasuki dunia industri dan teknologi 4.0, sejumlah inovasi dan kreasi harus tercipta agar kelangsungan kegiatan komunikasi dan informasi tetap berjalan sesuai dengan kemajuan jaman. Begitu juga dengan penyiaran publik seperti radio dan televisi baik milik pemerintah daerah maupun perseorangan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital yang semakin pesat, persaingan global sudah tidak lagi terpusat di dunia penyiaran antar radio maupun televisi.Kondisi saat ini sudah bergeser ke pesaing baru dengan adanya koneksi internet yaitu kanal streaming Youtube yang dapat lebih cepat diakses melalui gawai maupun komputer/ laptop masing-masing pengguna.

Baca Juga:

Disampaikan Kadiskominfotik Riau Ikhwan Ridwan, radio masa kini harus menciptakan berbagai ide kreatif serta berani bertaruh pada digitalisasi demi meraih minat generasi muda.

"Jika masih banyak peminat dan terjadi regenerasi terhadap generasi muda untuk suka mendengarkan radio, maka tentu saja radio akan tetap bertahan dan eksis ditengah gejolak perkembangan teknologi digital saat ini," sebut Ikhwan Ridwan saat membuka kegiatan Radio Akademi Nasional, di salah satu hotel di Pekanbaru, Rabu (29/5/2024).

Ikhwan juga menjelaskan, bahwa radio awalnya hanya menjadi media berita dan informasi. Namun, kini konten siaran radio telah merambah ke berbagai aspek seperti pendidikan, dakwah, hiburan dan sosial.

"Siaran radio analog konvensional saat ini sebenarnya masih bertahan karena jangkauannya mencapai pendengar tanpa koneksi internet. Akan tetapi, konvergensi di dalam dunia radio diperlukan untuk menjaga eksistensi radio itu sendiri di era digital seperti ini," jelasnya.

Selain itu, media konvensional seperti radio ini harus mampu menciptakan suatu konten yang mahal. Hal tersebut dikarenakan relevansi dengan apa yang sedang diminati oleh pendengar merupakan kunci utama untuk menarik minat diantara maraknya konten digital.

Sebab, penyiaran publik seperti radio bisa bertahan karena radio itu sebenarnya hanyalah sebuah medium. Saat teknologi berkembang, radio memiliki jangkauan lebih luas melalui saluran-saluran tanpa frekuensi.

"Kedepannya adaptasi-adaptasi terhadap perkembangan jaman perlu dilakukan. Kemampuan beradaptasi dengan teknologi menjadi kunci utama industri kreatif radio bertahan hingga era internet saat ini. Jangan menolak teknologi, tapi jadikan teknologi digital sebagai teman dan sebagai cara untuk terus berkembang," ujar Ikhwan.

"Saya berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan inovasi dan ide ide baru kepada para penyiaran publik yang ada di Provinsi Riau," ucapnya.

Editor: Sigalingging
(Mediacenter Riau/nb)

SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru